Mendes Sebut Pembentukan BUMDes Lebihi Target

25 Mei 2016 18:20:58 WIB

JAKARTA - Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi secara konsisten mendorong pengembangan ekonomi lokal sesuai potensi yang dimiliki. Salah satunya melalui pengembangan BUMDes.

"Dengan kata lain, jika desa-desa  dapat mandiri secara ekonomi maka hal tersebut akan berdampak pada peningkatan perekonomian daerah sebagai sebuah hasil akumulasi," ujar Marwan saat mengukuhkan pengurus 278 BUMDes di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Minggu (22/5/2016).

Melalui pembentukan BUMDes,dia berharap akan muncul semangat masyarakat dalam membangun perekonomian desa untuk terus berkembang.

Saat ini, jumlah BUMDes berkembang pesat, yakni sebanyak 12.115 BUMDes, bertambah 12 kali lipat dibandingkan tahun 2014 yang hanya mencapai 1.022 BUMDesa. Berkembangnya BUMDesa tidak terlepas dari kontribusi Dana Desa Tahun 2015.

"Di awal saya hanya menargetkan membentuk 5.000 BUMDes, tapi seiring berjalannya waktu, pembentukan BUMDes sudah melebihi target," ungkapnya.

Menurutnya, keberadaan BUMDes akan mampu menjadi sarana penyerapan tenaga kerja di desa, peningkatan kreativitas masyarakat desa, dan membuka peluang usaha ekonomi produktif di desa.

"Melihat pentingnya keberadaan BUMDes dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi desa tersebut, Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi menargetkan akan terbentuk 15.000 BUMDes pada tahun 2016," tandasnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan keberadaan BUMDes dapat dimanfaatkan oleh para pelaku ekonomi desa. Salah satunya melalui kemudahan akses dalam permodalan dengan bentuk pinjaman lunak. BUMDes dapat menyediakan sarana dan prasana produksi dan pemasaran hasil produksi.

"Contohnya dalam bidang pertanian, BUMDes dapat membantu pengelolaan lumbung pangan, bank benih dan pupuk, lantai jemur gabah, sarana produksi pertanian, sarana pengolahan hasil panen, serta kios beras,"pungkasnya.

 

sumber :okezone.com

Komentar atas Mendes Sebut Pembentukan BUMDes Lebihi Target

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar