Penyuluhan Stunting oleh KKN UAD di Padukuhan Dedel Wetan

Mus 27 Februari 2020 10:35:17 WIB

Stunting merupakan suatu permasalahan terbesar yang terjadi di wilayah Kab. Gunungkidul, khususnya wilayah Desa Dadapayu. Menurut data terbaru yang diterima pada th 2020, Desa Dadapayu saat ini sudah menempati zona merah untuk permasalahan gizi stunting. Hal ini membuat Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta berkeinginan untuk membantu pemerintah mengurangi jumlah permasalahan stunting dengan cara pemberian Edukasi kepada masyarakat secara langsung. Pemberian Edukasi ini disampaikan kepada warga melalui mahasiswa yang menjalani KKN di wilayah Desa Dadapayu. Melalui pembinaan bagi mahasiswa Kesehatan yang ada di tiap Divisinya, materi dapat tersampaikan secara langsung dan merata kepada masyarakat di daerah yang mereka tempati.

Kegiatan ini juga berlangsung di Dusun Dedel Wetan, Desa Dadapayu pada tanggal 13/02/2020 bertempat di Balai Padukuhan Dedel Wetan. Acara ini diikuti secara antusias oleh warga khususnya ibu-ibu, dimana peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah kurang lebih 50 orang. Penyuluhan ini disampaikan oleh perwakilan mahasiswa kesehatan dari KKN 76 UAD Yogyakarta Divisi VI.B.3. Masyarakat menilai bahwa pengetahuan mengenai stunting merupakan ilmu yang sangat penting bagi masyarakat khususnya yang hidup di wilayah pedesaan. Hal ini dikarenakan warga merasa was-was, apabila anaknya akan mengalami kejadian stunting. Stunting ini menyebabkan anak-anak tidak dapat tumbuh sesuai dengan umurnya akibat dari asupan gizi yang kurang sempurna. Permasalahan stunting bermula dari kurangnya pengetahuan orang tua khususnya ibu mengenai pentingnya pemenuhan gizi bagi anak. Maka dari itu, pembinaan bagi masyarakatnya dirasa efisien untuk mengurangi jumlah kejadian stunting.

Melalui kegiatan Penyuluhan yang diadakan oleh Universitas Ahmad Dahlan ini, masyarakat mengaku menerima banyak manfaat yang dirasakan. Seperti bagaimana pemberian gizi seimbang bagi anak, tidak hanya memenuhi kebetuhan asupan makan saja. Kegiatan ini menarik minat warga, terlihat dari antusias warga untuk bertanya kepada pemberi materi dan melakukan *sharing* atau bertukar pikiran. Warga Desa Dadapayu khususnya Dusun Dedel Wetan berharap, prosentase stunting tiap tahunnya dapat terus berkurang dengan adanya pembekalan dan pemantauan dari pihak yang berwenang. Dan diharapkan kegiatan penyuluhan ini akan terus berlanjut di tahun berikutnya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar