PENYULUHAN MAKANAN PENGGANTI AIR SUSU IBU (MP-ASI) oleh KKN UAD

Mus 27 Februari 2020 10:22:25 WIB

Sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman terkait pemenuhan kebutuhan gizi bayi, Mahasiswa KKN di Padukuhan Dayakan Kulon, Dayakan Tengah dan Kepuh mengadakan penyuluhan terkait Makanan Pengganti Air Susu Ibu (MP-ASI) kepada ibu-ibu yang memiliki bayi di ketiga padukuhan tersebut pada hari Jum`at, 7 Februari 2020 yang bertempat di Balai Dusun Dayakan Tengah. Kegiatan ini dimulai dengan pemberian materi terkait pentingnya pemberian MP-ASI sesuai usia bayi dan dilanjutkan dengan praktek pembuatan MP-ASI oleh perwakilan mahasiswa KKN. Kegiatan ini disambut dengan antusias oleh ibu-ibu dengan datang tepat waktu dan fokus memperhatikan ketika pemateri menyampaikan penyuluhan.

Dengan diadakannya kegiatan ini masyarakat diharapkan lebih memahami pentingnya pemberian MP-ASI untuk mendukung tumbuh kembang anak mengingat diusia ≥6 bulan ASI yang diberikan pada bayi hanya mampu mencukupi ½ kebutuhan gizinya. Ketika kebutuhan gizi bayi tidak terpenuhi, laju tumbuh kembang bayi akan terhambat dan memicu terjadinya masalah gizi kronis (Stunting). Orang tua berperan penting mengontrol pemenuhan kebutuhan gizi anak untuk mencegah terjadinya stunting.

Selain itu, pemberian MP-ASI yang tepat juga berperan penting dalam mendukung perkembangan organ pencernaan bayi seperti gigi dan lambung bayi yang menjadi terlatih ketika diberikan MP-ASI sesuai usianya. Setelah mengikuti kegiatan ini, ibu-ibu merasa lebih paham akan pentingnya pemenuhan kebutuhan gizi bayi untuk mendukung tumbuh kembang anak dan mencegah terjadinya permasalahan gizi yang tidak diinginkan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar