Kader Kesehatan Dadapayu lakukan Skrining Kesehatan

dee 28 Januari 2020 11:49:19 WIB

Dadapayu-SIDA, Selasa (28/1) Kader Kesehatan Desa Dadapayu melaksanakan kegiatan rutin di Balai Desa Dadapayu. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap bulan. Pertemuan Kader atau istilah mereka 24an, dimana kader-kader ini melaporkan sejumlah data dan memperoleh informasi dari Puskesmas, desa maupun koordinator kader. Pada Kesempatan kali ini, kegiatan di barengi dengan Skrining kesehatan. Skrining dilakukan oleh petugas Puskesmas Semanu I yang terdiri dari 4 petugas Puskesmas dan 2 siswa PKL dari SMK Kesehatan. Kegiatan ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kesehatan warga masyarakat khususnya kader.

Kader Kesehatan selain menjadi motor bagi puskesmas maupun desa mereka secara langsung juga menjadi sample untuk warga masyarakat umum. Kader yang selalu menerima informasi harus segera mentransfer informasi tersebut kepada seluruh warga masyarakat. Hari ini mereka yang menjadi objek skrining. Beberapa tahapan skrining dilakukan. Mulai dari wawancara tentang Germas, aktivitas fisik, konsumsi gizi beragam. Kemudian dilanjutkan pengecekan tinggi badan, berat badan, dan juga pemeriksaan gula darah serta tensi darah.

Pemeriksaan dilakukan secara bergilir dan ditangani oleh beberapa petugas, untuk mempermudah dan memperlancar Skrining tersebut. Skrining untuk kader ini diharapkan mampu menjadi acuan kader untuk meningkatkan kesehatan mereka. Sehingga ketika kader kesehatan sehat mereka akan mampu memberikan pengaruh kepada masyarakat secara umum.

Disela-sela kegiatan Skrining, petugas puskesmas juga memberikan saran dan arahan untuk kesehatan para kader. “Kegiatan seperti ini kami harapkan dapat dilakukan secara berkala, tidak harus setiap bulan, mungkin dapat dilakukan 3 bulan atau 6 bulan sekali” Tanggap Rustiana, Koordinator Kader.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar