Sayangi Lingkungan, Ecobrick jadi pilihan

dee 24 Januari 2020 10:47:00 WIB

Dadapayu-SIDA, Rabu (24/1) Riska warga Padukuhan Sembuku, Dadapayu merupakan salah satu peserta pelatihan Ecobrick. Riska sudah menerapkan pengelolaan limbah plastik. Pelatihan yang dilaksanakan KKN UNY 2019 bulan September 2019 lalu. Program dengan tema “Bersih Lingkunganku, Bersih Sembukuku” ternyata membawa dampak positif. Meskipun tidak 100 % limbah plastik dimanfaatkan namun setidaknya sudah turut mengurangi pencemaran lingkungan. Kegiatan Ecobrick yang memanfaatkan limbah plastik ini menjadi solusi untuk mengalihkan cara pembuangan limbah plastik warga. Awalnya mereka membakar limbah tersebut, namun saat ini mereka sudah mulai menerapkan teknik ecobrick dengan cara memasukkan potongan limbah plastik ke dalam botol bekas. Satu botol bekas kadang dapat penuh dan padat selama satu bulan, hal ini tergantung waktu pengisian botol dengan limbah tersebut. “pembuatan ecobrick ini tidak menyita waktu, karena bisa dilakukan ketika waktu luang, dan dapat dilakukan bertahap” Ungkap Riska.

Kegiatan yang dilakukan Riska ini juga dilakukan oleh beberapa warga yang lain. Namun memang kegiatan ini lebih banyak ditekuni oleh ibu rumah tangga. Ibu rumah tangga di Padukuhan Sembuku rata-rata bekerja sebagai petani, membantu suami mengolah lahan. Ketika musim hujan tentunya kegiatan ecobrick hanya dilakukan disela-sela kesibukan mereka.

Karya ecobrick yang dibuat warga sembuku saat ini, baru dimanfaatkan untuk pembuatan kursi digunakan pribadi. Namun harapannya kegiatan ini dapat meluas dan menjadi contoh untuk bisa diterapkan juga di padukuhan lain. Selain mengurangi limbah plastik, menjaga kebersihan lingkungan, mengurangi polusi, hasil karyanya pun dapat dimanfaatkan.

“Kami selalu mendukung kegiatan positif yang dilakukan warga kami, dan akan terus kami kembangkan dengan ragam karya yang berbeda, syukur-syukur bisa menjadi lapangan pekerjaan kalau karyanya bisa dipasarkan” Papar Astuti, Dukuh Padukuhan Sembuku. Berawal dari kegiatan yang dilaksnakan KKN UNY 2019, diharapkan mampu menciptakan kebermanfaatan bagi masyarakat dan lingkungan.

Dokumen Lampiran : Sayangi Lingkungan, Ecobrick jadi pilihan


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar