Tindak Lanjut Pencegahan Antraks, Dinas Terkait Jadwalkan Vaksinasi

Akbar Mo 20 Januari 2020 11:53:45 WIB

SIDA_Dadapayu. Dinas Pertanian Gunungkidul memberikan sosialisasi tentang antraks kepada masyarakat Dadapayu pada hari senin (20/01) pagi di aula balai desa Dadapayu. Kegiatan sosialisasi ini adalah salah satu usaha dari pemerintah untuk bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya virus antraks. Terlebih saat ini sedang hangat di wilayah gunung kidul terdapat wilayah yang terdeteksi positif antraks.

 

Guna mencegah penyebaran virus ini, pemerintah pun sudah melakukan beberapa upaya. Seperti pendataan hewan ternak di sua padukuhan di Dadapayu. Tapi untuk tindakan yang lebih serius yaitu dilakukan di wilayah padukuhan pelem. Padukuhan pelem merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan padukuhan ngrejek,Gombang, Ponjong yang notabene terdeteksi positif antraks. Dinas pun bergerak untuk membentengi wilayah yang belum terdampak dan mengisolir wilayah yang sudah terjangkit.

 

Dan pada eksekusinya dinas terkait akan melakukan vaksinasi kepada hewan ternak di Dadapayu pada tanggal 22 & 23 Januari. Dengan jadwal sbb :

Tgl 22 Januari 2020

  1. Kepuh
  2. Kerdon
  3. Dayakan kulon
  4. Dayakan tengah
  5. Ploso
  6. Pokdadap
  7. Pomahan
  8. Kauman
  9. Sendang

Tgl 23 Januari 2020

  1. Sempon kulon
  2. Sempon wetan
  3. Dedel kulon
  4. Dedel wetan
  5. Nogosari
  6. Karangtengah
  7. Sembuku
  8. Mojo
  9. Nongkosingit
  10. Ngalang Ombo

Pada tanggal tersebut, masyarakat di masing-masing padukuhan diminta untuk menyiapkan hewan ternaknnya yang akan divaksin agar petugas bisa langsung bekerja saat tiba di lokasi. Vaksinasi ini merupakan program dar pemerintah sehingga masyarakat tidak dipungut biaya apapun.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar