ANTRAKS Membuat Khawatir Peternak Desa Dadapayu. apa Itu ANTRAKS?

Mus 10 Januari 2020 12:16:54 WIB

SIDA_Dadapayu. Penyakit Antraks Membuat Peternak Khawatir . 

Apa itu Antraks? Antraks adalah penyakit Zoonosa, disebabkan oleh Bacillus Anthracis bersifat akut dan dapat menimbulkan kematian. Terutama menyerang hewan pemamah biak dan dapat menyerang hewan mamalia lainnya termasuk manusia. Kasus pada manusia yang terjadi di Indonesia 93% merupakan tipe kulit dan 3% merupakan tipe pencernaan.  Sebagaimana penjelasan di atas penyakit Antraks ditularkan Oleh Bacillus anthraci,  berbentuk batang, gram positif,dapat membentuk spora apabila tekena oksigen dan dapat hidup di tanah kering sampai puluhan tahun. Penularan penyakit diawali denganspora Bacillus anthraci ini termakan atau terhirup oleh hewan pada saat makan rumput. Bakteri antraks dapat menyerang manusia melalui 3 cara yaitu melalui kulit yang lecet,abrasi atau luka, melalui pernafasan (inhalasi) dari spora yang terhirup dan melalui makan dari bahan makanan yang tercemar kuman antraks misal daging yang dimasak kurang sempurna. Upaya Pencegahan antara lain :

  1. Melaporkan ke fasilitas kesehatan setempat apabila sakit dengan gejala antraks yang mempunyai riwayat kontak dengan hewan sakit.
  2. Tidak diperbolehkan menyembelih dan mengkonsumsi daging yang berasal dari hewan yang sakit dengan gejala antraks.
  3. Mengkonsumsi daging dari hewan sehat yang dimasak hingga matang sempurna dan di sembelih di Rumah Potong Hewan (RPH)resmi.
  4. Segera melapor ke petugas peternakan / Puskesmas Hewan apabila menemukan ternak sakit atau mati mendadak.
  5. Tidak membawahewan sakit keluar masuk wilayah, agar tidak menyebar penyakit ke wilayah lain.
  6. Mencuci tangan menggunakansabun atau disinfektan setelah kontak dengan hewan yang mati atau sakit dengan gejala antraks.

 (Sumber Surat Edaran Kementrian Kesehatan RI Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor HK.02.02/ IV/ 152/2017).

diharapkan kepada seluruh warga masyarakat Desa Dadapayu Khusnya Peternak agar lebih waspada dan hati-hati apabila ada hewan yang terindikasi antraks agar segera melaporkan ke petugas kesehatan Hewan terdekat.

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar