Hasil Olahan Makanan Kelompok UPPKS Desa Dadapayu Sudah Layak Jual di Pasaran

Mus 09 Januari 2020 11:26:28 WIB

SIDA_DADAPAYU. Program Desa Dadapayu di tahun 2019 salah satunya adalah pengadaan mesin penggiling jagung di Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejarah (UPPKS) Kampung KB Dusun Ngalangombo, Desa Dadapayu.

Pengadaan mesin penggiling jagung ini bertujuan untuk membantu Kelompok UPPKS membuat tepung jagung dan dapat dimanfaatkkan membuat olahan makanan.

Pelatihan ini diselenggarakan 5 hari, selain pengadaan alat penggiling jagung, pemerintah Desa Dadapayu juga mendatangkan narasumber dari Dinas Perindustrian Perdagangan Kabupaten  Gunungkidul yang memberikan materi tentang manajemen produksi dan manajemen Pemasaran. Narasumber selanjutnya adalah dari  kelompok pelaku usaha olahan makanan dan pelatihan ini ibu-ibu UPPKS langsung praktek membuat berbagai olahan makanan. Pada pelatihan ini Kepala Desa Dadapayu juga menyampaikan materi tentang Motivasi.

Program ini diharapkan dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin sehingga dapat meghasilkan produk yang bernilai jual yang tinggi dan dapat meningkatkan perekonomian Dadapayu. Kelompok UPPKS harus bisa menjaga kekompakan, harus konsisten dan pantang menyerah dalam membuat dan memasarkan produk. ‘Ujar Jumadi Kepala Desa.

Produk olahan yang dihasilkan oleh ibu-ibu UPPKS adalah egg roll, kue kering berbahan dasar jagung, bolu gula jawa, bolu, bolu gulung, onde-onde ketawa, kue kelapa, stik jagung, tortila, pastel dan berbagai olahan lainya. Produk yang dibuat sudah layak jual di pasaran dan diharapkan warga Dadapayu ikut berpartisipasi membeli produk olahan tersebut.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar