ANTUSIAS WARGA KALURAHAN DADAPAYU DALAM KEGIATAN GERTAKBANGMUS

Mus 21 Maret 2024 12:42:39 WIB

SIDA_DADAPAYU. Kamis, 21 maret 2024 dilaksanakan Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk Kapanewon Semanu (GERTAKBANGMUS) di Kalurahan Dadapayu. Program tersebut diadakan oleh UPT Puskesmas Semanu I dan Kapanewon Semanu yang menyasar di setiap Lingkungan padukuhan di masing-masing Kalurahan.

Kegiatan ini dilaksanakan mengingat sudah memasuki musim penghujan dan untuk meminimalisir timbulnya kasus Demam Berdarah (DBD) dengan cara gotong royong Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). PSN dilakukan dengan 3M plus, pertama menguras atau membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain. Kemudian kedua, menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum,kendi,tandon air, dan lain sebagainya.
 Terakhir memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD.

Kegiatan Gertakbangmus pada hari ini diawali dengan gotong royong PSN di seluruh padukuhan se kalurahan Dadapayu dan dilaksanakan monitoring PSN dibeberapa sampel padukuhan oleh petugas dari UPT Puskesmas Semanu dan Kapanewon Semanu dan didampingi oleh Pamong Kalurahan Dadapayu dan kader Kesehatan di Padukuhan Setempat. Sampel yang di cek adalah padukuhan Kauman, Nogosari, Karangtengah dan Padukuhan Sembuku. Dari beberapa sampel yang dicek masih ada beberapa penampungan yang ada jentik nyamuknya harapanya PSN dapat dilaksanakan dengan konsisten.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar