Semarak Sosialisasi Peningkatan Kualitas Kesehatan Untuk Anak-Anak di Dusun Sempon Kulon

Akbar Mo 21 Agustus 2023 10:40:44 WIB

KKN-PPM XLIII Kelompok 11 UMBY

 

Senin, 31 Juli 2023 telah dilaksanakan Sosialisasi Peningkatan Kualitas Kesehatan untuk anak-anak di Dusun Sempon Kulon, Dadapayu, Semanu Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta oleh teman-teman KKN-PPM Kelompok 11 Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Kegiatan ini dilakukan di Balai Dusun Sempon Kulon mulai pukul 16.00 WIB. Total peserta dalam kegiatan tersebut berjumlah 25 anak yang terdiri dari anak-anak Dusun Sempon Kulon dan Sempon Wetan. Sosialisasi ini terbagi menjadi dua sesi, yaitu cara menyikat gigi yang baik serta tata cara mencuci tangan yang benar. Kegiatan ini diadakan guna meningkatkan kualitas kesehatan yang ada.

Meski nampak sepele, namun menyikat gigi dan mencuci tangan menjadi kebiasaan baik yang perlu diperhatikan benar atau tidaknya. Karena jika tidak, virus dan penyakit dapat menjangkit tubuh, terutama pada anak-anak yang banyak bermain serta mengeksplor diri. Melihat pentingnya hal tersebut, perlu disampaikan informasi lebih lanjut tentang cara menyikat gigi yang baik serta memcuci tangan dengan benar. Contohnya dalam sehari mininal perlu menyikat gigi dua kali, mencuci tangan sebelum makan, dan sehabis berkegiatan didalam maupun diluar rumah. Dalam kegiatan sosialisasi ini juga, anak-anak juga dapat melakukan praktik langsung bersama teman-teman KKN-PPM UMBY. Hal ini tentu efektif untuk membuat anak-anak menjadi lebih paham dan mengerti tentang pentingnya menjaga kesehatan.

KKN-PPM XLIII Kelompok 11 UMBY

Dalam kegiatan ini juga anak- anak pun difasilitasi dengan pemberian sikat gigi dan odol baru yang bisa dibawa pulang setelah melakukan praktik. Kegiatan ini berjalan menyenangkan dengan adanya antusias dari anak-anak dalam praktik langsung maupun menjawab kuis yang diberikan setelah penyampaian materi. Terdapat reward  atau hadiah untuk anak yang berhasil menajwab dengan benar pertanyaan yang diberikan. Setelah penyampaian informasi, praktik langsung, dan kuis, tak lupa dilakukan sesi dokumentasi serta pemberian susu kotak gratis bagi semua anak-anak yang menjadi peserta dalam kegiatan. Anak-anak sangat senang dan gembira.

 

KKN-PPM XLIII Kelompok 11 UMBY

KKN-PPM XLIII Kelompok 11 UMBY

 

Dibuat oleh: Kelompok 11 KKN-PPM Universitas Mercu Buana Yogyakarta Angakatan XLIII

Dokumen Lampiran : Semarak Sosialisasi Peningkatan Kualitas Kesehatan Untuk Anak-Anak di Dusun Sempon Kulon


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar