Setelah Sukses dengan Program MasDul MyDarling, Kepuh Menjadi Sasaran Program KTR

Mus 22 Juni 2023 11:24:32 WIB

SIDA_DADAPAYU.  Setelah Sukses dalam Program SPAL padukuhan Kepuh menjadi sasaran Pemerintah Kalurahan Dadapayu dalam Pembentukan Kawasan Tanpa Rokok.

Pembentukan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Padukuhan Kepuh Kalurahan Dadapayu menjadi program Germas kalurahan Dadapayu tahun anggaran 2023 pada 16/6.

Acara Sosialisasi tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Lurah Dadapayu Nanang Arianja, S.Pd. dalam sambutanya ia berharap setelah sukses dengan program SPAL (MasDulMyDarling) yaitu arisan SPAL yang dulu di mulai dari pemicuan STBM, sekarang warga Padukuhan Kepuh hamper 95% sudah memiliki SPAL. Dengan semangat gotong royong dan komitmen yang tinggi setiap rumah di padukuhan Kepuh sudah sadar untuk membuat SPAL untuk beberapa warga yang belum membuat dikarenakan kondisi rumah disekitar gunung atau berbatu dan sulit untuk membuat lubang SPAL. harapanya sosialisasi ini juga dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan komitmen yang tinggi untuk membentuk KTR yang ditaati oleh semua warga.

Selanjutnya penyampaian materi dari UPT Puskesmas Semanu I diawali dari penjelasan Kandungan Rokok, Dampak Kesehatan bagi perokok aktif dan pasif, Dampak Ekonomi bagi keluarga dan keuntungan apabila tidak merokok. Tapi disampaikan juga kegiatan ini tidak akan mengurangi hak asasi untuk merokok tetapi kembali lagi pada tujuan awal kegiatan ini yaitu membentuk ruangan atau area yang dinyatakan dilarang untuk kegiatan merokok dan tentunya bebas dari asap Rokok yang biasanya disebut dengan Kawasan Tanpa Rokok.

Setelah sosialisasi selanjutnya membuat Komitmen Masyarakat Padukuhan Kepuh untuk mewujudkan Kawasan Tanpa Rokok, tempat yang disepakati sebagai berikut :

  1. Tidak merokok pada saat Pertemuan di balai padukuhan Kepuh.
  2. Tidak merokok pada saat Genduri.
  3. Tidak merokok ditempat ibadah.
  4. Tidak merokok saat menjenguk orang Sakit.

Harapanya penerapan KTR di Padukuhan Kepuh dapat dilaksanakan secara konsisten agar dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama terkendalinya faktor resiko penyakit yang disebabkan oleh rokok dan meningkatnya budaya masyarakat dalam berperilaku hidup bersih  dan sehat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar