Peran Ibu-ibu dalam Pelaksanaan Sosialisasi STBM di Padukuhan Pokdadap

Mus 22 Juni 2023 11:21:26 WIB

SIDA_DADAPAYU.  Pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat menjadi salah satu program Germas di Kalurahan Dadapayu.  Pelaksanaan program STBM pada tahun ini dilaksanakan di Padukuhan Pokdadap pada (15/6).

STBM adalah Pendekatan untuk mengubah perilaku higienis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat dengan cara pemicuan. Sedangkan Pilar STBM adalah perilaku hiegenis dan saniter yang digunakan sebagai acuan dalam penyelenggaraan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, menurunkan stunting, menghindari penularan penyakit menular dan lainnya.

Pemicuan dihadiri perwakilan dari masyarakat padukuhan Pokdadap, pada kesempatan Kali ini yang menghadiri Kader Kesehatan Padukuhan Pokdadap, PKK, dan Tokoh Perempuan. Meskipun yang hadir semuanya perempuan tidak mengurangi semangat dan komitmen untuk merubah perilaku agar sesuai dengan Pilar STBM yang disosialisasikan pada kesempatan ini.

Acara diawali dari sambutan Dukuh Pokdadap, Dilanjutkan materi dari Lurah Dadapayu dan UPT Puskesmas Semanu I.  penyampaian materi dari puskesmas dikemas menarik dalam sebuah permainan dan warga menceritakan tentang keseharian yang berhubungan dengan 5 Pilar STBM.  

Penyampaian cerita dari warga terceletuk polos apa adanya. Kaitanya dengan Pilar pertama yaitu cuci tangan pakai sabun, sebagaian besar warga sudah menerapkan permasalahanya disini ada beberapa yang sudah tidak memasang fasilitas CTPS di luar rumah dikarenakan sudah tidak pandemi covid lagi padahal penyakit menular seperti diare, flu juga masih ada, selanjutnya kaitanya dengan pemilahan sampah belum dilakukan untuk sampah rumah tangga kebanyakan di bakar hal tersebut dapat dapat mengganggu  pernafasan apalagi sampah plastik, untuk pembuangan limbah air sebagian besar warga masing menggenang yang biasanya disebut (Peceren). permasalahan yang terjadi di Padukuhan Pokdadap diatas, warga berkomitmen untuk merubah perilaku yang di bantu Natural leader yaitu ibu Sudarti. Dengan adanya pemicuan ini harapanya dapat meningkatkan kualitas kesehatan warga Masyarakat dan Lingkungan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar