Pemicuan STBM di Ngalangombo Kalurahan Dadapayu

Mus 22 Juni 2023 11:20:00 WIB

SIDA_DADAPAYU.  Pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat menjadi salah satu program Germas di Kalurahan Dadapayu.  Pelaksanaan program STBM pada tahun ini dilaksanakan di Padukuhan Ngalangombo pada (13/6).

STBM adalah Pendekatan untuk mengubah perilaku higienis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat dengan cara pemicuan. Sedangkan Pilar STBM adalah perilaku hiegenis dan saniter yang digunakan sebagai acuan dalam penyelenggaraan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, menurunkan stunting, menghindari penularan penyakit menular dan lainnya.

Pemicuan dihadiri perwakilan dari masyarakat padukuhan Ngalangombo dari unsur  Dukuh, RT, RW, Kader, PKK dan tokoh masyarakat. Kegiatan ini menghadirkan Narasumber dari Lurah Dadapayu dan UPT Puskesmas Semanu I.

Acara diawali dari sambutan Dukuh Ngalangombo. Pada sambutanya Dukuh menyampaikan ucapan selamat datang dan ajakan kepada seluruh warga masyarakat untuk menyimak dan belajar bersama pada kegiatan ini.

Dilanjutkan materi dari Lurah Dadapayu dan UPT Puskesmas Semanu I.  penyampaian materi dari puskesmas dikemas menarik dalam sebuah permainan dan warga menceritakan tentang keseharian yang berhubungan dengan 5 Pilar STBM. Dari hasil rangkuman cerita dapat disimpulkan warga Padukuhan Ngalangombo masih kurang lebih 40% yang memiliki SPAL dan sebagian besar masih belum memilah sampah dan sampah masih dibakar. Dari perilaku yang belum sesuai dengan Pilar STBM itu ada 33 warga yang berkomitmen akan merubah perilaku tersebut dengan tenggang waktu sesuai kemampuan masing-masing. Dengan adanya komitmen tersebut diharapkan dapat terlaksana dan berjalan sesuai dengan rencana, untuk mencapai tujuan tersebut dipilih 1 (satu) orang Natural leader yaitu Ninik Puji Astuti untuk membantu santitarian dan warga dalam merubah perilaku warga masyarakat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar