Tari Topeng Menjadi Salah Satu Kesenian Yang Mengisi Rasulan Padukuhan Dedel

Mus 09 Juni 2023 11:55:29 WIB

SIDA_DADAPAYU.  Rasulan atau bersih Dusun dilaksanakan di Padukuhan Dedel wetan dan Dedel Kulon dengan Pagelaran Seni pada Rabu Wage (7/6).

Kegiatan Rasulan rutin dilaksanakan setiap tahun karena bentuk ungkapan rasa syukur warga masyarakat atas hasil panen yang sudah mereka terima. Rasulan di Padukuhan Dedel ini dilaksanakan gabungan 2 (Dua) padukuhan, yaitu padukuhan Dedel Wetan dan Dedel Kulon dan pada rasulan tahun ini pusat pagelaran kesenian dilaksanakan di Dedel Kulon.

Pagelaran seni yang disuguhkan pada rasulan kali ini adalah tari topeng, jathilan dan wayang kulit. Acara Rasulan padukuhan Dedel diawali dengan Genduri yang dilaksanakan dibalai padukuhan dengan membawa suguhan nasi, lauk pauk, ingkung, uduk dan lainnya. Pada kegiatan genduri ini didoakan oleh sesepuh setempat. Dalam genduri ini uniknya jika ada salah satu warga yang mempunyai hajat akan membawa ingkung dan nanti akan di sampaikan pada prosesi genduri.

Selanjutnya pada siangnya dilaksanakan Tari topeng, tari topeng di padukuhan Dedel pemainnya dari warga padukuhan Dedel. Dari yang usia anak-anak sampai dewasa berperan dalam pagelaran tari topeng ini. Rasa semangat anak anak yang ingin melestarikan kesenian di era milenial ini patut kita acungi jempol. Rasa semangat generasi tersebut tak lepas dari peran orang dewasa yang memberikan contok untuk tetap melestarikan Budaya atau kesenian jawa.

Rangkaian pagelaran seni selanjutnya adalah wayang dan jathilan harapan warga masyarakat Dedel agar selalu mendapatkan keamanan, keselamatan, keberkahan kesehatan, panen yang banyak, keancaran dalam mencari rejeki dan harapan baik lainnya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar