Rangkaian Acara Kesenian Mengisi Kegiatan Rasul Padukuhan Sempon

Mus 09 Juni 2023 11:06:17 WIB

SIDA_DADAPAYU. Rasulan atau bersih Dusun dilaksanakan di Padukuhan Sempon wetan dan Sempon Kulon dengan Kirab Budaya dan Pagelaran Seni pada Rabu Wage (7/6).

Kegiatan Rasulan rutin dilaksanakan setiap tahun karena bentuk ungkapan rasa syukur warga masyarakat atas hasil panen yang sudah mereka terima. Rasulan di Padukuhan Sempon ini dilaksanakan gabungan 2 (Dua) padukuhan, yaitu padukuhan Sempon Wetan dan Sempon Kulon dan pada rasulan tahun ini pusat pagelaran kesenian dilaksanakan di Sempon wetan. Selain seni Budaya  kegiatan rasulan di padukuhan Sempon juga dimeriahkan dengan pertandingan bola volley. Kegiatan seni Budaya yang di suguhkan pada tahun ini berupa Reog, Doger, gunungan, wayang kulit dan kirab.

Puncak acara rasulan dilakukan dengan kirab keliling padukuhan dengan rute yang sudah ditentukan dengan membawa gunungan yang dibuat dari sayur mayur, buah dan hasil panen lainnya. Setelah kirab warga berkumpul dibalai padukuhan Sempon wetan dengan membawa sajian makanan nasi dan lauk pauk , nasi uduk dan ingkung untuk di doakan sesepuh setempat, hal tersebut juga bisa dikatakan genduri. Acara Genduri juga dihadiri oleh Lurah Dadapayu, Pamong Kalurahan dan Bhabinkamtibmas.

Kemudian acara dilanjutkan dengan perebutan tumpeng hasil panen dan pagelaran kesenian di lokasi yang sudah ditentukan. Tradisi lain yang ada di warga masyarakat yaitu mengundang saudara, teman dan kerabat luar padukuhan untuk datang silaturahmi kerumah dan mereka menyediakan hidangan dan makanan.

Kegiatan Rasulan di padukuhan Sempon sangat menunjukkan kekompakan antara tokoh masyarakat, Dukuh, RT, RW,warga dan karang taruna. Rangkaian kegiatan rasulan berjalan sesuai rencana dan harapan warga masyarakat Sempon  agar selalu mendapatkan keamanan, keselamatan, keberkahan kesehatan, panen yang banyak, keancaran dalam mencari rejeki dan harapan baik lainnya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar