Generasi Muda Nongkosingit Menampilkan Seni Karawitan di Malam Hari jadi Gunungkidul

Mus 08 Juni 2023 14:16:04 WIB

SIDA_DADAPAYU.  Generasi milenial bersemangat belajar kesenian gamelan. Hal yang sudah jarang terjadi masa sekarang, lunturnya kepedulian untuk melestarikan menjadi suatu masalah yang harus kita atasi bersama.

Permasalahan diatas tidak terjadi di Padukuhan Nongkosingit kalurahan Dadapayu, generasi muda di padukuhan Nongkosingit dari mulai SD, SMP dan SMA ikut berlatih kesenian Gamelan. Pada kesempatan malam peringatan hari Jadi Gunungkidul (26/5) di kalurahan Dadapayu kelompok karawitan Padukuhan Nongkosingit diberi kesempatan untuk tampil mengisi agenda Gaung gamelan pada kegiatan tersebut.

Pemain Karawitan dari padukuhan Nongkosingit selain usia dewasa juga ada kelompok kesenian karawiran usia muda yang terdiri dari SD, SMP dan SMA. Generasi karawitan muda ini dengan kemauan sendiri berlatih untuk menumbuhkan generasi yang melestarikan Kebudayaan Jawa. Penamilan karawitan generasi muda ini sudah bagus tinggal bagaimana mereka meningkatkan skil dan sport dari lingkungan dan pemerintah setempat.

Kemauan dan semangat Pemuda-pemudi Nongkosingit ini seharusnya dapat dicontoh seluruh generasi milenial lainnya khususnya warga Dadapayu untuk sadar melestarikan kesenian gamelan dan lainnya.

Kelestarian Budaya ini menjadi tanggungjawab kita semua, bagaimana kesenian masih dapat eksis di era milenial dan pengaruh budaya dari Barat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar