Tingkatkan Kapasitas Pengelola SID, Kalurahan Dadapayu Ikuti Bimtek Jurnalistik.

Mus 29 Mei 2023 15:26:09 WIB

SIDA_DADAPAYU. Bimbingan Teknis Sistem Informasi Desa (SID)/SIKAP Bagi Kamituwo dan Operator Kalurahan di laksanakan di Kapanewon semanu, Kegiatan ini juga di ikuti oleh Kamituwo dan Operator SID Kalurahan Dadapayu Senin (29/5).

Bimbingan Teknis bagi Kamituwa dan Operator SID dibuka oleh Jawatan Sosial Kapanewon Semanu dan menghadirkan narasumber dari Bappeda Kabupaten Gunungkidul Rifai Adi Hartanto , S.Si., MPA, dan Wahyu Adi Putranto selaku pimpinan redaksi Opini jogja.

Perwakilan Bappeda Kabupaten Gunungkidul Rifai Adi Hartanto mengatakan bahwa sistem informasi Desa sangatlah penting untuk updating data dan pelayanan di Masyarakat

“SID untuk 3 Hal yaitu untuk pelayanan Publik, pengelolaan data dan Jurnalisme. Untuk pelayanan kamituwo dan operator agar dapat memanfaatkan menu yang ada di web dan apabila ada permintaan format baru nanti akan dibuatkan agar memudahkan dalam melakukan pelayanan,”kata Rifai Adi Hartanto.

Selanjutnya Materi selanjutnya tentang penulisan berita/Jurnalistik bagi Kamituwo dan Operator SID, Informasi mengenai program kalurahan yang disajikan kepada publik melalui media sosial maupun web dapat disajikan semenarik mungkin dan potensi yang ada dikalurahan dapat diketahui oleh publik. Kurangnya pengetahuan tentang jurnalistik dan banyaknya berita yang disajikan oleh Kalurahan masih belum sesua dengan prinsip dalam menulis berita / jurnalistik membuat sajian berita kurang menarik dan informatif.

Wahyu Adi Putranto mengatakan bahwa berita harus mempunyai News Value / Nilai berita.

“selain lima (5) prinsip dasar dalam menulis berita, berita harus mempunyai news Value,”Kata Wahyu Adi putranto.

Dalam bimbingan teknis ini peserta sangat antusias karena penyampaian materi sangat menarik serta diberikan contoh secara langsung serta mengkritisi kekurangan berita yang sudah disajikan jurnalis SID dari berbagai Kalurahan di Kapanewon Semanu.

Kegiatan ini menjadi pelajaran bagi kamituo dan jurnalis SID Kalurahan Dadapayu untuk berkomitmen menjadi lebih baik lagi untuk menyajikan informasi yang berkualitas.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar