Penguatan Kapasitas dan Kapabilitas Pengelola Rumah Data Kependudukan

dee 11 Juni 2021 10:39:11 WIB

SIDA_ Dadapayu, Bulan Juni ini Perwakilan BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta kembali menyelenggarakan kegiatan untuk Kalurahan Dadapayu. Berbeda dengan agenda-agenda sebelumnya yang difokuskan pada Kampung KB Ngalangombo, kegiatan kali ini merambah ke tingkat kalurahan. Rumah Data Kependudukan yang sudah terbentuk di Ngalangombo, akan dikembangkan menjadi Rumah Data Kependudukan yang mencakup informasi seluruh kalurahan Dadapayu. Tahun 2018 Rumah Data Kependudukan Kampung KB Ngalangombo dibentuk dan dikembangkan dengan dukungan Perwakilan BKKBN DIY dan Mahasiswa STPMD APMD. Rumah data ini berada di Ngalangombo. Dalam penguatan Kapasitas dan Kapabilitas ini Perwakilan BKKBN menghadirkan Eselon IV dan staf yang menangani Rumah DataKu, Koordinator PKB dan PKB, Perangkat Kalurahan, Pengurus, serta Kader Rumah DataKU di Kampung KB Ngalangombo. Semua unsur yang dihadirkan tentunya memiliki peran masing-masing. Diharapkan adanya integrasi dari beberapa unsur ini akan mempercepat proses Pengelolaan dan updating Rumah DataKu.

Kegiatan berlangsung selama 2 hari, Senin dan Selasa tanggal 7 dan 8 Juni 2021 juga didampingi oleh PSKK UGM, disampaikan oleh Fadlan Habib, Narasumber dari PSKK UGM bahwa Data merupakan kewenangan kalurahan, sehingga harus diolah oleh Kalurahan. Proses pengembangan Rumah DataKu ini meliputi :

  1. Pengelolaan Data
  2. Pengumpulan dan Updating data
  3. Pengelolaan dan analisis data
  4. Penyajian data.

Pemberian materi disampaikan sangat lengkap dan bertahap. Setelah penguatan kapasitas dan kapabilitas ini seluruh unsur akan segera merapatkan barisan untuk membahas langkah yang akan diambil baik pihak PKB, Kalurahan, maupun pengurus Kampung KB Ngalangombo.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar