Guyub Rukun Masyarakat Tri Padukuhan Gelar Rasulan

Akbar Mo 03 Juni 2021 07:33:23 WIB

SIDA_Dadapayu. Suasana guyub rukun dan kompaknya masyarakat adalah pondasi keberhasilan dalam menjalankan suatu kegiatan. Seperti halnya terlihat pada pelaksanaan Upacara Gebrak Rasul Tri Padukuhan yaitu Padukuhan Kepuh, Padukuhan Dayakan Tengah, dan Padukuhan Dayakan Kulon. Warga masyarakat Tri Padukuhan ini menggelar upacaraupacarabada adat di Balai Padukuhan Dayakan Tengah, rabu wage (02/06) siang sekitar pukul 14.00.

Rangkaian upacara adat rasulan Tri Padukuhan ini sudah dimulai sejak senin (31/05). Dimulai dengan bersih-bersih area "Resan" Yang terletak di sekitaran Telaga Jambe Dayakan Kulon. Selanjutnya di hari selasa (01/06) siang masyarakat dipimpin oleh sesepuh atau juru kunci menggelar upacara tayub di area resan. Dan terakhir pada hari rabu wage upacara kenduri atau gebrak Rasul. 

Semua pelaksanaan dikerjaan bersama oleh masyarakat Tri Padukuhan dengan penuh sukacita. Mengingat makna rasulan yaitu bersih dusun, dimulai dari lingkup dusun terkecil yaitu diri pribadi setiap orang. Pada pelaksanaan gebrak Rasul ini berjalan dengan sangat khidmat. Lurah bersama sebagian pamong kalurahan juga berkesempatan mengikuti upacara gebrak Rasul Tri Padukuhan ini. Lurah dalam sambutannya menyampaikan doa-doa dan harapan untuk masyarakat Tri Padukuhan serta menyampaikan sekilas informasi tentang program-program perintah kalurahan. 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar