Warga Sempon Gelar Kenduri Rasul, "Sapitan"Jadi Ciri Khas

Akbar Mo 03 Juni 2021 07:14:44 WIB

SIDA_Dadapayu. Padukuhan Sempon Wetan dan Sempon Kulon juga menggelar Upacara "gebrak Rasul" Pada hari Rabu Wage (2/6) siang. Dan pada kali ini upacara digelar di balai Padukuhan Sempon Kulon. Sekitar pukul 12.00 waktu setempat upacara gebrak ini dimulai dipimpin oleh sesepuh Padukuhan yang menyampaikan doa-doa untuk. Kemaslahatan masyarakat Sempon Wetan dan Sempon Kulon. Lurah Dadapayu, Bapak Jumadi juga turut hadir dan memberikan sambutan kepada masyarakat yang hadir di upacara adat ini. 

Inti dari upacara adat ini tidak berbeda dengan Padukuhan- padukuhan lainnya. Namun tim SID menemukan satu hal berbeda di Sempon yaitu di sesaji atau makanan yang di bawa atau dibuat oleh masyarakat Sempon. Selain ingkung dan nasi gurih, ada 1 bentuk makan yang disusun bernama "Sapitan". Namun sayangnya makna dari Sapitan ini, tim belum berhasil mendapat informasi nya. Bentuk dari sapitan ini yaitu ada kerupuk, tempe, cabai,kelapa dan beberapa bumbu dapur lain yang di jepit menggunakan bambu sehingga menyerupai kipas. 

Hal yang menyenangkan ketika rasulan yaitu terlihat jelas guyub rukun masyarakat dalam kepaduan untuk memohon kepada Sang Maha Pencipta. Dan sangat disayangkan apabila tradisi dan budaya ini hilang dari kehidupan masyarakat Dadapayu. Maka dari itu kawula muda pun harus turut aktif melestarikan budaya leluhur yang mengandung makna gotong royong sesungguhnya. 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar