Rabu Wage, Masyarakat Dedel Gelar Kenduri Rasul

Akbar Mo 02 Juni 2021 15:43:06 WIB

SIDA_Dadapayu. Masyarakat Padukuhan Dedel Wetan Dan Dedel Kulon melaksanakan tradisi kenduri "Rasulan" Atau Bersih Dusun bersama. Acara ini dilaksankan pada Hari Rabu Wage (2/06) Bertempat di Balai Padukuhan Dedel Kulon sekitar jam 10.00 waktu setempat. 

Ini merupakan kedua kalinya masyarakat 2 Padukuhan Dedel ini melaksanakan "Gebrak Rasul" Atau kenduri bersih dusun saja. Tentu saja karena adanya pandemi sehingga Rasulan tidak seramai seperti biasanya. Yang menjadi Khas dari acara Rasulan di Padukuhan Dedel yaitu Tari Topeng yang secara tradisi merupakan pertunjukan kesenian yang wajib dilaksanakan ketika Rasulan. Namun karena adanya pandemi sehingga tradisi ini hanya berupa kenduri atau Gebrak Rasul saja. Inti acara Gebrak Rasul ini yaitu memohon atau doa bersama kepada Yang Maha Kuasa dalam rangka membersihkan diri selama setahun kebelakang. Dan juga memohon kesejahteraan untuk kedepannya. Kenduri ini tidak memandang agama yang mana Gebrak Rasul ini merupakan acara kebudayaan wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

Dan satu hal lagi yang khas lagi dari rasulan yaitu Ingkung Ayam Kampung. Hampir sama di semua wilayah Padukuhan se Dadapayu ingkung ini selain setiap RT membawa, ada juga warga yang memiliki nadzar juga membawa ingkung. Setelah dipimpin doa kenduri oleh sesepuh dusun baru nanti warga yang mengikuti ngalap berkah dan makan bersama di lokasi kenduri. 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar