STBM APMD Kembali ke Dadapayu

dee 28 April 2021 15:21:32 WIB

SIDA_Dadapayu, Jumat (164/4) Dosen STBM APMD kembali ke Dadapayu. Kali ini kegiatan yang akan dilakukan bukan untuk KKN bagi mahasiswa, namun akan menyelenggarakan penelitian. Penelitian ini akan menyasar pada peran perempuan. Penelitian yang berjudul Optimalisasi Peran Perempuan Dalam Pembangunan Di Desa Dadapayu Kecamatan Semanu ini dilaksanakan oleh tiga dosen diantaranya Dr. Yuli Setyowati, S.Ip., M.Si, Analius Giawa, S.Ip.,M.Si, dan Rema Marina, S.Sos, M.Ip. Ketiganya merupakan dosen Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD” Yogyakarta. Penelitian akan berlangsung pada Bulan Januari sampai dengan Desember 2021. Sebelum penelitian ini dilaksanakan, mereka akan mengumpulkan kader perempuan kalurahan Dadapayu untuk awal pengumpulan data. Beberapa tokoh perempuan akan dilibatkan.

Dari penerlitian ini nantinya diharapkan peran perempuan akan semakin optimal dalam perkembangan kalurahan. Mengumpulkan kekuatan, dan menjadikan kelemahan-kelemahan menjadi tidak terlihat dengan saling melengkapi antara satu dengan yang lain. Peran perempuan pada dasarnya tidak hanya dia dapat membangun diri dan keluarganya namun dapat membangun lingkungan dan masyarakat yang ada di dalamnya. Saat ini perempuan harus diberi peluang seluas-luasnya untuk dapat berkecimpung dalam pembangunan masyarakat baik secara ekonomi, sosial, maupun dalam budaya.

Akan menjadi sisi yang menarik ketika peran perempuan dapat terekspose dan diakui oleh masyarakat umum, karena saat ini sudah banyak keadaan yang membuka peluang keterlibatan perempuan. Dalam setiap organisasi, di dalamnya harus ada paling tidak 30% keanggotaan merupakan perempuan.

Di kalurahan Dadapayu BUMDes dan Desa Prima dikelola oleh perempuan, hal ini dapat menjadi gambaran bahwa sudah ada peran perempuan dalam perkembangan ekonomi kewilayahan. Setelah dilaksanakan penelitian ini, pemerintah kalurahan juga akan memanfaatkan data tersebut, dan akan mengoptimalkan peran perempuan dalam pengembangan kalurahan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar