Lansia akan menjadi sasaran Vaksin prioritas berikutnya

dee 01 April 2021 12:39:53 WIB

SIDA_Dadapayu, Kamis (1/4) Pemerintah Kalurahan Dadapayu mengikuti Rapat Koordinasi Persiapan Vaksin Covid-19 Bagi Lansia di Kapanewon Semanu. Acara ini dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan untuk 5 Kapanewon diantaranya Semanu, Ponjong, Karangmojo, Rongkop dan Girisubo. Dihadirkan dalam acara ini panewu dan lurah serta pihak puskesmas. Kesempatan kali ini disampaikan bahwa lansia menjadi prioritas vaksin Covid-19 setelah tenaga Kesehatan, tenaga pendidik, kapanewon, kalurahan, dan pelayan publik lainnya. Namun memang tidak dapat dipungkiri masih ada beberapa pelayan publik yang belum mendapatkan pelayanan vaksin.

Lansia menjadi sasaran vaksin, karena usia merekalah yang rentan dengan covid-19. “Pasien covid-19 yang menunjukkan usia lanjut, dalam penanganan rata-rata masuk ventilator, penanganan akan lebih berat dibanding dengan usia muda” jelas dr.Niken dari Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul.

Pemerintah kalurahan yang saat ini hadir diminta untuk ujicoba menggunakan aplikasi dalam mendaftarkan lansia. Setelah membuka link, nanti akan ada input NIK dan nomor telepon. Namun NIK ini hanya mereka yang sudah masuk kelompok usia lansia, karena Ketika dicoba dengan NIK warga berusia 30 tahun system akan menolak. Kemudian di dalam aplikasi tersebut akan ada pilihan dimana faskes mereka akan vaksin, dan ini disarankan faskes terdekat dengan domisilinya saat ini, dan tidak harus sesuai dengan alamat di dalam KTP. Untuk selanjutnya, setelah pertemuan ini akan dilanjutkan informasi melalui puskesmas.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar