Hujan Masih Bagus, Petani Optimis Panen Kacang dan Tela Tulus

Akbar Mo 25 Maret 2021 09:10:11 WIB

SIDA_Dadapayu. Intensitas hujan masih cukup tinggi memberi harapan kepada masyarakat petani Dadapayu untuk hasil tanaman kacang di masa tanam lemarengan. Terlihat disemua hamparan tegalan di Dadapayu hijau subur tanaman kacang dan Tela/ singkong para petani. Namun bila menengok kebelakang hasil panen jagung dan padi di tahun ini sepertinya kurang memuaskan para petani. Dan ini sepertinya hampir mrtata di semua wilayah Dadapayu maupun wilayah lain. Para petani menyebutkan bahwa hasil panen jagung dan padi turun dari tahun sebelum-sebelumnya. Padahal hujan ditahun ini sangat bagus. Ternyata para petani mengalami masalah yang sama, yaitu hama uret dan ulat jagung diawal masa tanam sangat berpengaruh dan sempat membuat pesimis para petani. 

Panen jagung ditahun ini para petani memperkirakan susut 50% dari biasanya, sedangkan panen padi bervariatif hanya sebagian kecil saja yang hasilnya turun drastis, namun secara rata-rata hanya 60% seperti biasanya. 

Di masa tanam lemarengan ini para petani berharap besar hasil panen kacang akan bagus, meskipun ada gangguan hama namun tidak separah seperti sebelumnya. 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar