Dadapayu siap laksanakan Program Sandes 2021

dee 18 Maret 2021 15:09:26 WIB

SIDA_Dadapayu, Pemerintah Kalurahan Dadapayu mengikuti koordinasi dengan PUPR DIY dan DPU Kabupaten Gunungkidul. Rabu (17/3) rombongan dari kedinasan provinsi dan Kabupaten tersebut datang ke Kalurahan Dadapayu guna membahas lebih lanjut mengenai program sanitasi desa. Sanitasi Perdesaan Padat Karya ini akan menggunakan anggaran Rp500.000.000,-(lima ratus juta rupiah). Program yang disasar diperuntukan untuk sanitasi. Ada 6 paket program yang ditawarkan, nanti akan menyesuaikan dengan kebutuhan warga, diantaranya:

  1. Paket 1 (Toilet individu) berupa bangunan ruang toilet, toilet leher angsa, tangka septik, dan bidang resapan
  2. Paket 2 : Kombinasi bangunan ruang toilet jamban individu dan tangka septic komunal, dan bidang resapan
  3. Paket 3 : Toilet leher angsa, kloset, tangka septic, dan bidang resapan
  4. Paket 4 : (Tangki Septik) dan bidang resapan
  5. Paket 5 : TSP Individu
  6. Kombinasi TPS Individu dan Komunal

Program ini sudah disosialisasikan kepada dukuh, dan pendataan dilakukan pemerintah kalurahan. Namun untuk menentukan penerima layak dan tidak memperoleh programm itu merupakan kewenangan tim. Program ini akan didampingi oleh Pendamping yang secara khusus memang untuk menangani program ini. Tahapan yang dalam waktu dekat akan dilakukan adalah sosialisasi kepada tokoh masyarakat agar disampaikan kepada warga yang lain. Untuk selanjutnya program ini juga akan ditangani oleh tim yang diambil dari warga masyarakat non ASN dan non-Pamong Kalurahan, jadi murni warga ataupun dari Lembaga kemasyarakatan. Tim yang terdiri minimal 9 orang ini yang akan menangani program sandes dan akan didampingi oleh 2 petugas pendamping.

Menjadi harapan pemerintah kalurahan, bahwa program ini akan benar-benar mengentaskan BABS di Kalurahan Dadapayu, meningkatkan taraf Kesehatan, dan mampu menekan angka stunting.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar