Kirim Dowo, Tradisi Para Petani Yang Masih Lestari

Akbar Mo 11 Maret 2021 17:28:38 WIB

SIDA_Dadapayu. Kamis Legi (11/03), Perwujudan ucapan Terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, masyarakat Dadapayu melaksanakan acara adat "Kirim Dowo". Acara adat "Kirim Dowo" Merupakan kegiatan yang sudah turun-temurun dan masih dilestarikan oleh masyarakat Dadapayu. Dalam prakteknya acara Kirim Dowo ini yaitu para warga berkumpul di satu titik dan membawa sedekah berupa makanan(nasi dan lauk dibungkus daun pisang) dan diikrarkan oleh "Kaum" Atau Rois. Kirim Dowo ini dimaksudkan sebagai ucapan syukur para petani atas hasil panen yang mereka dapat kepada Tuhan. Dan kirim dowo ini dilakukan ketika hasil panen padi sudah selesai. Namun tidak hanya itu pemilihan hari nya pun tidak sembarangan tetapi dihitung dengan hitungan kalender Jawa yang dilakukan boleh sesepuh yang ahli di bidang ini. 

Kirim dowo kali ini hampir dilakukan berbarengan di dua padukuhan se-Dadapayu. Dan ada beberapa versi menurut keyakinan masing-masing di padukuhan kirim dowo ada yang dilaksanakan pula sebelum masa tanam pertama. 

Tidak hanya "metoni" Atau membawa berkat untuk diikrarkan bersama tadi, dai hari kirim dowo ini earga juga melakukan kegiatan "weweh" Yaitu kegiatan memberi makanan sama seperti saat metoni kepada sanak saudara baik yang didalam dusun maupun diluar dusun yang masih kerabat dekat. 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar