Mendayagunakan Bambu di kawasan DAS Bribin Dadapayu

dee 22 Februari 2021 14:19:00 WIB

SIDA_DADAPAYU, Sabtu (20/2) Pemerintah Kalurahan Dadapayu bersama dengan tim Bambusos dan Kanoppi melaksanakan survey Kawasan DAS Bribin Kalurahan Dadapayu. Survay ini untuk melihat potensi bambu dikawasan DAS Bribin. Survay ini juga menjadi tahap awal dari rencana untuk kegiatan pelatihan CIFOR. Hal ini juga sebagai tindak lanjut dari penelitian aksi partisipatif Kanoppi di Daerah Aliran Sungai (DAS) Bribin, CIFOR bersama Bambubos dan Hay Bambs Indonesia akan melakukan“Pelatihan Hutan Bambu Lestari (HBL) dan Kerajinan”.

Kegiatan ini akan difokuskan di wilayah bagian hulu DAS Bribin, salah satunya adalah Kalurahan Dadapayu Kapanewon Semanu. Dua Kalurahan lainnya adalah Kalurahan Kenteng (Ponjong) dan Candirejo (Semanu). Kegiatan ini didukung oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melalui Dinas Pariwisata.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mengenai pengelolaan sumber daya alam berbasis karst melalui praktik-praktik konservasi berbasis lokal dengan menggunakan bambu yang ada di lingkungan sekitar untuk menjaga kelestarian lingkungan dan ketersediaan air. Diharapkan pengelolaan bambu lestari juga bisa menunjang peningkatan ekonomi melalui pemanfaatan bambu untuk pembuatan kerajinan dengan harapan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat berbasis ekonomi kalurahan.

Kegiatan pelatihan direncanakan di awal Bulan Maret 2021 ini, terbagi dengan 2 macam kegiatan yaitu pelatihan pembibitan dan pelatihan pengolahan bambu menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar