USEP KM Ngalangombo terima bantuan dari Dinas Sosial Gunungkidul

dee 10 Februari 2021 14:56:47 WIB

Dadapayu-SIDA, Kelompok Usaha Sosial Ekonomi Produktif keluarga Miskin (USEP KM) Ngalangombo , hari ini Rabu (10/2) mengikuti rakor persiapan Kegiatan USEP KM Tahun 2021. Padukuhan Ngalangombo terdapat empat kelompok USEP KM, dimana salah satunya merupakan kelompok gabungan antara Padukuhan Ngalangombo dan Nongkosingit.

Ibu Dra Siwi Iriyanti, M.Si bersama Bapak Giyanto, SIP, MAP menjadi narasumber dalam kegiatan ini. Dalam pertemuan ini disampaikan teknis pelaksanaan kegiatan dan persyaratan, serta prosedur pengajuan proposal. USEP KM ini di programkan bagi wanita yang masuk dalam kategori ekonomi lemah. Mereka berusia 18 tahun – 56 tahun, atau mereka yang sudah berkeluarga meskipun usianya belum 18 tahun. Setiap kelompok terdiri dari ketua yang merangkap anggota, sekretaris yang merangkap anggota, bendahara yang merangkap anggota, dan tujuh anggota, sehingga terbentuk setiap kelompok terdiri dari 10 orang.

Bantuan yang akan diberikan berupa uang tunai Rp10.000.000,- untuk masing-masing kelompok. Uang ini harus dibelanjakan sesuai dengan RAB yang dicantumkan dalam proposal. Kelompok USEP KM diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengembangkan usaha yang sudah dirintis. Pada pertemuan ini juga dibahas tentang produk yang diperbolehkan di beli dan tidak. Salah satu yang tidak boleh dibeli adalah hewan ternak dan kendaraan.

Untuk saat ini Ngalangombo yang sebelumnya sudah memiliki UPPKS Barokah, mengembangkan sayapnya di bidang industri makanan. Program ini akan digunakan untuk menambah peralatan dalam produksi makanan dan juga untuk persewaan alat-alat prasmanan.

Kelompok USEP KM mempunyai kewajiban dan tanggungjawab terhadap bantuan yang diberikan tersebut. Melaksanakan serta mengembangkan usaha dengan memanfaatkan bantuan yang diberikan dalam usaha sosial ekonomi produktif. Hal ini bertujuan agar wanita juga dapat berperan aktif dalam menjaga kestabilan kondisi ekonomi keluarga, dan meningkatkan taraf hidup di dalam masyarakat.

 

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar