Desa Prima UPPKS Ngalangombo

dee 27 Juli 2020 23:08:55 WIB

SIDA_Dadapayu (27/7), Kampung KB Ngalangombo kembali menggelar kegiatan setelah lama vacum karena Pandemi Covid-19. Dengan Protokol Kesehatan, kegiatan ini dilakukan. Pelatihan bagi UPPKS Barokah Ngalangombo, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari program Pengembangan Desa Prima di Kabupaten Gunungkidul. UPPKS Ngalangombo merupakan salah satu Desa Prima Kabupaten Gunungkidul yang tahun ini memperoleh bantuan dana dari CSR Bank BPD DIY.

Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran DP3AKBPM&D, Bapak Sujoko, S.Sos, M.Si (Kepala DP3AKBPM&D), Ibu Dra. Rumi Hayati (Kabid Pemberdayaan Perempuan& Perlindungan Anak), Ibu Sri Mulad Widiningsih (Kasi Pemberdayaan Perempuan). Selain itu juga dihadiri oleh Jajaran Kapanewon Semanu, serta Jajaran Kalurahan Dadapayu. Acara ini dibuka oleh Jumadi Lurah Dadapayu. Disebutkan bahwa UPPKS Kampung KB sebagai Desa Prima merupakan hal yang sangat baik, ketika dikolaborasikan dengan keberadaan Ngalangombo sebagai Kampung KB dan Kampung KB Percontohan.

Desa Prima dan Kampung KB beriringan akan mengembangkan Padukuhan  Ngalangombo. Seperi esensi dari Desa Prima yang disampaikan Ibu Rumi Hayati , Desa Prima merupakan upaya untuk memberdayakan perempuan di Kabupaten Gunungkidul. Prima yaitu Perempuan Indonesia Maju Mandiri. Kegiatan ini untuk mengembangkan potensi perempuan yang ada di Ngalangombo. Dengan bantuan modal dan adanya anggaran untuk pelatihan maka kegiatan ini diupayakan mampu mendorong kegiatan bagi perempuan Ngalangombo. Ibu rumah tangga yang tidak bekerja di luar wilayah, kali ini mangembangkan usaha dikampungnya sendiri.

Setelah berkembang dengan olahan makanannya, kali Ini UPPKS Ngalangombo merambah ke pelatihan rajut. DP3AKBPM&D menggandeng Komunitas Sewu Rajut Kabupaten Gunungkidul dalam pelatihan ini. Pinawan Ary Asnawati berbagi pengalamannya merajut. Membawa banyak contoh hasil karyanya membuat antusias anggota kelompok UPPKS Ngalangombo. Semangat dan antusias, serta kekompakan UPPKS Ngalangombo mendapat pujian dari Kepala DP3AKBPM&D, Sujoko, S.Sos, M.Si. “Utamakan kekompakan, dan manfaatkan kegiatan ini sebagai ajang untuk mengembangkan potensi pribadi dan wilayah ini” pesan Beliau.

Kalurahan Dadapayu sebenarnya telah memiliki dua Desa Prima, setelah sebelumnya Desa Sari Asih mengembangkan modal yang mereka terima sejak 2009, kemudian disusul Desa Prima “UPPKS Ngalangombo”. Kegiatan Desa Prima yang bersumber dari Bantuan Dana CSR PT Bank BPD DIY akan dilaporkan sebanyak 2 kali dalam satu tahun. Ibu Sri Mulad Widiningsih Kasi Pemberdayaan Perempuan telah menjabarkan informasi kaitannya dengan administrasi yang harus dilengkapi Desa Prima Ngalangombo.

Panewu Kapanewon Semanu bersama Jawatan Sosial yang turut hadir dalam kegiatan ini, sangat mendukung acara ini. Harapannya modal usaha yang diperoleh dapat dimanfaatkan sesuai dengan aturan yang ada, dan benar-benar dapat mengembangkan potensi para perempuan di Padukuhan Ngalangombo.

Kegiatan Pelatihan berlangsung satu hari, dengan penuh semangat para peserta mengikuti kegiatan. Kegiatan ini didampingi oleh DP3AKBPM&D dari awal sampai akhir. Sebagai penutup disampaikan kepada peserta untuk tetap menjaga komunikasi, dan dapat berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mengembangkan usaha.Desa Prima UPPKS Ngalangombo mampu mengentaskan problem perekonomian 69 KK Rumah tangga di Kampung KB Ngalangombo.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar