Sendang Lain Dari Biasanya

dee 05 Agustus 2019 21:04:16 WIB

Dadapayu – SIDA, Senin (5/8/2019) warga masyarakat Sendang Desa Dadapayu kedatangan rombongan Tim Penilai Lomba Pengagungan Tingkat Kecamatan Semanu. Hari ini adalah hari yang dinanti-nanti oleh warga masyarakat. Mereka akan menunjukkan berbagai potensi yang ada di wilayah mereka baik secara sosial, ekonomi, maupun budaya. Penyambutan Bapak Camat Semanu beserta Tim Penilai diiringi oleh kelompok Drumband dari SDN Dadapayu I, Kelompok Terbangan, dan kelompok toklik Padukuhan Sendang. Berbagai penampilan ditunjukkan diantaranya Tari Gambyong dari anak muda Sendang, Kelompok Terbangan Sendang, Tari Elang dari Paud Ngudi Ilmu, Tari Solah Tambir dari SDN Ngenep, Koreografi Indonesia Menari dari SDN Dadapayu I, dan campursari. Selain itu ditunjukkan pula Simulasi Kesiapsiagaan warga terhadap bencana kebakaran. Pemerintah Desa Dadapayu, BPD, LPMD, PKK Desa, Kader Kesehatan, Kader KB, serta GAPOKTAN turut hadir dalam acara ini.

“Sungguh luar biasa tanggapan warga serta partisipasi warga dalam menata dan menjaga kebersihan lingkungan Padukuhan Sendang” papar Bapak Huntoro, Camat Semanu. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang pada sistem penentuan sample akan digilir oleh desa. Sehingga semua wilayah akan merasa mewakili sebagai sample. Hal ini untuk menumbuhkan sikap terbiasa bagi warga untuk menata sistem informasi maupun mengaktivasi kegiatan warga.

Dalam Acara ini pula disinggung adanya petilasan yang ada di Padukuhan Sendang. Sebuah Sumur yang selalu diuri-uri dan dijaga oleh masyarakat. Sumur ini dipercaya sebagai petilasan Sunan Kalijaga. Setiap Rabu Kliwon sebelum ada kegiatan rasulan maka akan dilakukan bersih sumur Sendang ini.

Selain itu juga berbagai sentra Home indutri berkembang di Sendang, diantaranya Produksi Rambak, Tempe, Tahu, makanan ringan, dan berbagai jenis makanan olahan. Juga terdapat beberapa ternak sapi yang sudah dikelola sedemikian rupa sehingga hasilnya lebih optimal. Di sana juga didapati beberapa kandang ayam milik perorangan yang jumlah ayamnya sudah termasuk partai besar. Harapannya Sendang akan tetap maju disegala bidang baik ekonomi, sosial, budaya, maupun sepiritualnya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar