"Grebek Ngenep" Tradisi di Tengah Masyarakat Millennial

dee 28 Juni 2019 20:09:40 WIB

Dadapayu (SIDA) – Jumat wage, 28 Juni 2019 Kompleks Ngenep melangsungkan Upacara Adat “Grebek Ngenep”. Rangkaian acara yang dimulai sejak Hari Kamis, diakhiri pada Jumat malam. Acara puncak “Grebek Ngenep” berlangsung pukul 15.00 di kediaman Bapak Jumadi, Kepala Desa Dadapayu. Sebelumnya, mulai jam 13.00 prajurit adi luhung menjemput gunungan serta bregodo dari masing-masing Padukuhan se Komplek Ngenep dan dikumpulkan di lokasi. Setelah semuanya lengkap kemudian peserta Grebek Ngenep akan segera diberangkatkan. Urutan barisan dalam acara ini ditentukan berdasarkan adat, yaitu:

  1. Prajurit Adiluhung
  2. Kasepuhan
  3. Panitia
  4. Manten
  5. Songsong Tunggulnogo
  6. Tombak Korowelang
  7. Gagar mayang
  8. Gunungan Rojokoyo
  9. Bregodo Kauman
  10. Drum Band SD Dadapayu I
  11. Bregodo dan Gunungan Padukuhan Karangtengah
  12. Bregodo dan Gunungan Padukuhan Nogosari
  13. Bregodo dan Gunungan Padukuhan Sembuku
  14. Drum Band SDN Ngenep
  15. Bregodo dan Gunungan Padukuhan Mojo
  16. Bregodo dan Gunungan Padukuhan Pomahan
  17. Grup Karawitan Cempoko Kauman

Kirab ini berakhir di Masjid Al Muttaqien yang konon katanya merupakan Masjid tiban. Setelah ikrar doa dilantunkan kemudian warga yang menyaksikan upacara tersebut berebut untuk mengambil hasil panen yang ada di Gunungan Rojokoyo. Hal ini dipercaya oleh mereka, bahwa biji ataupun hal-hal yang mereka ambil dari Gunungan tersebut akan membawa keberuntungan. Jika itu berupa padi, maka ketika ditanam akan subur dan berkembang.

Setelah Upacara selesai warga disuguhi oleh penampilah kesenian jathilan, dan untuk uncaknya akan ada pertunjukan wayang kulit di lokasi yang sama di Padukuhan Nogosari, Desa Dadapayu, Kecamatan Semanu. Harapan warga dengan adanya Grebke Ngenep ini maka kemakmuran warga masyarakat akan lebih terjamin, akan lebih tentram dan damai.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar