"Satu Hari Bersama Kampung KB" Ngalangombo

dee 28 Juni 2019 19:22:29 WIB

Dadapayu (SIDA) - 28 Juni 2019 di Desa Dadapayu dilaksanakan agenda besar bagi Kampung KB, "Satu Hari Bersama Kampung KB" yang diprakarsai oleh warga Padukuhan Ngalangombo dan di dukung oleh DP3AKBPMD. Acara ini di liput oleh TVRI. Kegiatan ini bertujuan untuk mengeksplor kegiatan yg sudah dilaksanakan kampung KB sejak di resmikan Februari 2018 lalu. Telah banyak kemajuan yang dapat kita lihat disini. Baik dari segi kualitas masyarakat dan juga infrastruktur yang dapat dilihat langsung dengan mata. Mereka sudah memulai membuka usaha dan mengembangkan kampung mereka. Usaha UPPKS mereka mulai berkembang, BKB, BKL, dan BKR juga eksis di Ngalangombo. Untuk infrastruktur dapat dilihat dari lingkungan diNgalangombo. Warga swadaya membangun taman, membangun gapura per RT. di Padukuhan Ngalangombo terdapat 4 RT, yaitu RT 1 dengan 13 KK, RT 2 dengan 22, RT 3 dengan 16 KK, dan RT 4 dengan 15 KK. Mereka mampu membangun gapura di masing-masing RT dengan biaya rata-rata 15 juta.

 Kegiatan Sehari Bersama Kampung KB ini,  dihadiri oleh beberapa Instasi, diantaranya:

  1. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi
  2. Kepala DP3AKBPMD beserta jajaran
  3. Camat Kecamatan Semanu beserta unsur Forkopimca
  4. Pimoinan Dinas Instansi Kecamatan Semanu
  5. Kepala Desa beserta Perangkat Desa Dadapayu
  6. Ketua IPeKB Pusat, DIY, dan Gunungkidul
  7. Ketua TP PKK Kecamatan
  8. Kader Desa Dadapayu
  9. Warga masyarakat Padukuhan Ngalangombo

selain itu juga dihadiri oleh peserta study banding dari Kampung KB Kota Yogyakarta

Untuk memeriahkan acara Satu Hari Bersama Kampung KB" beberapa pertunjukan ditampilkan. Jumat, 24 Juni 2019 pagi kegiatan pembukaan, dilanjutkan sambutan dan ucapan selamat datang dari panitia, penampikan kelompok KUR Ngalangombo, ditampilkan pula frahmen ketoprak dengan tema "gendong tas disek, lagi gendong tas" , dan terakhir talkshow yabg dipandu dari UNALA. Kemudian malam harinya akan dimeriahkan pagelaran seni wayang kulit dengan dalang Seno Nugroho.

Kunjungan ini dalam rangka berbagi ilmu dan pengetahuan tentang pengembangan Kampung KB.

Harapan dari kegiatan ini adalah majunya Kampung KB, dan bisa menjadi inspirasi bagi wilayah lain untuk turut berkembang baik dalam kualitas diri maupun infrastruktur wilayahnya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar