Sayurisasi Sebagai Upaya Pemanfaatan Lahan Kering

dee 15 Mei 2019 14:09:27 WIB

DADAPAYU (SIDA) - Pemerintah Desa Dadapayu melaksanakan kegiatan Pembinaan Pemanfaatan Lahan Kering dengan Sayurisasi bersama dengan warga masyarakat Padukuhan Pelem dan Kerdon. Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat lebih efektif dan efisien dalam memanfaatkan lahan mereka. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, 15 Mei 2019 bertempat di Balai Padukuhan Pelem. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa, Perangkat Desa Dadapayu dan pembicara dari Joglo Tani Yogyakarta yaitu Bapak T.O. Suprapto didampingi Bapak Wiyono dari Lumbung MAtaram Semanu.

Bapak Jumadi (Kepala Desa Dadapayu) menyampaikan program ini moho dimanfaatkan secara optimal, agar ketika kemaraupun warga masyarakat tetap bisa mengkonsumsi sayur dan beberapa tanaman lain tanpa membeli. selain itu juga untuk meningkatkan taraf hidup warga masyarakat agar menjadi warga yang mandiri.

BApak T.O Suprapto juga banyak memberikan informasi bagaimana lingkungan itu dapat bersahabat dengan kita, itu jika kita menjaga dan mengolah mereka secara tepat. "nandur opo sing dipangan, mangan opo sing ditandur", itulah yang menjadi pokok bahasan siang ini. "Tanpa kita mencoba kita tidak akan tahu yang akan kita peroleh" papar Bapak T.O. "Banyak yang dapat kita lakukan untuk mengolah lingkungan, mengolah lahan kita, nandur kui iso oleh oyot (akar), kayu (batang), godong (daun), kembang (bunga), woh (buah), iwak (ikan), iwet (unggas)", lanjutnya.

Dalam kegiatan ini pula Pemerintah Desa dipimpin Pak Jumadi memberikan bibit sayuran, dimaksudkan bibit ini dapat diberdayakan warga masyarakat Pelem dan Kerdon serta dapat dikembangkan oleh mereka.

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar