EVALUASI PERKEMBANGAN DESA DI DADAPAYU

23 Maret 2018 10:34:02 WIB

TIM_SIDA.” Dadapayu Bersatu Untuk Maju “ itulah Motto Desa Dadapayu dalam menanggapi Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Kabupaten Gunungkidul Tahun 2018 ini. Kamis, 22 Maret 2018, Desa Dadapayu kerawuhan Kepala DP3AKBPM&D, Bp. Sujoko, S.Sos M.Si selaku Ketua Tim Penilai Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Kabupaten Gunungkidul Tahun 2018 beserta rombongan dari Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Sesuai dengan rencana, Tim Penilai tiba di Desa Dadapayu pukul 09.30 Wib dan disambut oleh Panitia yang dikoordinir oleh Bp. Sunoto, S.IP selaku Ketua Panitia Evaluasi Perkembangan Desa. Penyambutan Tim dilakukan di Tugu Batas Desa Dadapayu. Selanjutnya Tim dibawa ke tempat – tempat yang menjadi titik potensi Desa Dadapayu, antara lain :

  1. Goa Bribin sebagai tempat penyaringan air bersih yang berlokasi di Padukuhan Dayakan Kulon.
  2. Bank Sampah yang berlokasi di Padukuhan Pokdadap. Bank Sampah ini merupakan tempat bagi warga Pokdadap untuk belajar mandiri dengan cara mengumpulkan sampah – sampah bekas kemudian disetorkan di Bank yang dikelola oleh Pengurus. Selanjutnya Setoran – setoran masyarakat tersebut dibukukan dalam buku tabungan.
  3. Sentra UMKM produksi Bakpia, Galundeng, Kripik Pisang, dll di Padukuhan Ploso. Dalam kunjungan di Sentra ini Tim diajak masuk ke tempat produksi Bakpia dan disajikan berbagai macam makanan hasil olahan milik Bp. Giyar.
  4. Kawasan Rumah Pangan Lestari yang berada di Padukuhan Pomahan. Rumah Bp. Triyono adalah salah satu rumah sample pemanfaatan lahan pekarangan, karena sekeliling rumah dimanfaatkan betul – betul untuk menanam berbagai macam tanaman. Terbukti di depan rumah Bp. Triyono terdapat berbagai macam jenis tanaman, di belakang rumah terdapat berbagai macam buah – buahan, di samping kanan rumah dibangun kandang kambing yang pembangunannya sudah permanen sesuai dengan standar, di samping kiri rumah terdapat kolam ikan.
  5. Padukuhan Nogosari sebagai Padukuhan Sample dalam Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Kabupaten Gunungkidul Tahun 2018. Di Padukuhan Sample ini, Tim diajak berkeliling untuk berkunjung ke rumah sehat, rumah singgah serta pos – pos ronda yang berada di padukuhan nogosari. Saat berkeliling, Tim dikagetkan dengan Simulasi Pencurian Ayam yang telah disiapkan warga padukuhan nogosari.
  6. Sentra Mebelair yang berada di Padukuhan Mojo. Rumah Bp Sariman merupakan sentra mebelair yang menjadi sasaran kunjungan tim beserta rombongan.
  7. Peternakan Sapi yang berada di Padukuhan Karang Tengah.

Setelah selesai berkeliling di tempat – tempat diatas selanjutnya tim dibawa masuk ke balai desa dadapayu yang diiring oleh Prajurit Adiluhung dan Putri Domas. Sesampainya didalam Balai Desa Dadapayu Tim melakukan penilaian administrasi Pemerintah Desa dan Lembaga Desa yang ada di Desa Dadapayu. Meskipun sangat lelah tapi Tim Penilai merasa sangat senang, “ Desa Dadapayu adalah hari ke 6 penilaian tapi baru ini yang paling padat acaranya “, disampaikan Bp Sujoko dalam sambutannya. Meskipun ada hambatan sedikit karena hujan turun dengan derasnya serta angin kencang, tapi acara berjalan dengan lancar dan selesai pukul 17.00 Wib.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar